Sabtu, 02 Januari 2010

Menciptakan Tulisan Yang Bergizi

Seorang penulis tentu ingin hasil tulisannya memiliki banyak peminat. Untuk mendapatkan hal tersebut, tulisan yang dibuat penulis haruslah “bergizi” sehingga setiap orang akan tertarik untuk membacanya. Ada 2 faktor yang mempengaruhi kualitas sebuah tulisan, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri Anda, sedangkan faktor eksternal berasal dari lingkungan sekitar Anda.
Faktor internal terbagi menjadi 2 macam, yaitu imajinasi/kreativitas dan inovasi.
a. Imajinasi/kreativitas, hal yang turut menentukan kualitas tulisan Anda ini berasal dari dalam diri Anda. Apabila tulisan yang dihasilkan mengandung unsur kreatif, tentu akan menjadi nilai tambah dalam penilaian kualitas tulisan itu sendiri. Misalnya dalam gaya bahasa Anda dalam menuliskan suatu cerita.
b. Inovasi, menjadi salah satu faktor internal yang mendukung meningkatnya kualitas tulisan Anda. Apabila tulisan Anda memiliki beragam inovasi atau terobosan baru mengenai sesuatu, akan berdampak positif bagi Anda.
Kedua faktor internal di atas tergantung dari ide dan gagasan-gagasan yang ada dalam pikiran Anda. Semakin banyak ide dan gagasan yang muncul, semakin beragam inovasi dan kreasi yang bisa Anda tuliskan.


Faktor eksternal terbagi menjadi 3 macam, yaitu lingkungan, arus media, dan teknologi.
a. Lingkungan, mempengaruhi kualitas tulisan Anda. Bila Anda sehari-hari berada di lingkungan orang-orang yang pandai ilmu sosial, tentu Anda dapat belajar dan mendapatkan informasi langsung dari mereka. Sehingga nantinya tulisan yang Anda buat akan menjadi berbobot didukung oleh ilmu yang telah Anda dapatkan.
b. Arus media. Arus media sangat mempengaruhi kualitas tulisan Anda, karena semakin banyak informasi-informasi atau berita-berita yang Anda dapatkan, hal ini sangat bagus untuk meningkatkan mutu tulisan Anda.
c. Teknologi, ternyata ikut berperan dalam meningkatkan kualitas tulisan Anda. Dengan kemajuan teknologi, Anda dapat membuat tulisan Anda dalam berbagai bentuk dan format, serta semakin memperindah dengan pemberian warna atau gambar. Tentu dalam waktu yang relatif singkat.


Itulah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas tulisan seseorang. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar