Kamis, 15 Juli 2010

Promosi Ekstrakurikuler SMA Plus Negeri 17 Palembang 2010

            SMAN 17-Palembang. Peserta didik  SMA Plus Negeri 17 Palembang kini telah memasuki hari ke-5 dalam tahun ajaran 2010-2011. Berlanjut di hari Kamis, tanggal 15 Juli 2010, dimana seluruh ekstrakurikuler yang berada di bawah naungan SMA Plus Negeri 17 Palembang diperkenankan untuk melakukan promosi ekstrakurikuler. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik kelas X yang baru 'tiba' di SMA Plus Negeri 17 Palembang mendapatkan pengetahuan yang cukup dalam memilih ekstrakurikuler yang ada. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan agar peserta didik tidak salah memilih ekskul yang sesuai dengan minat dan bakat serta potensi peserta didik.

           Acara dimulai pada pukul 14.00 WIB bertempat di aula SMA Plus Negeri 17 Palembang. Acara dibuka oleh sambutan Koordinator Pembina OSIS, Pak Bambang, dan Waka Kesiswaan, Pak Erhan. Mereka berharap, kegiatan promosi ini akan menambah pengetahuan peserta didik (terutama kelas X) tentang berbagai ekskul yang ada di SMA Plus Negeri 17 Palembang. "Jadikanlah kegiatan ini sebagai ajang untuk 'mengorek' lebih dalam ekskul-ekskul yang diminati. Sehingga ke depan, tidak muncul kekecewaan bagi para peserta didik maupun wali murid tentang berbagai kegiatan di ekskul yang bersangkutan," tutur Pak Erhan selaku Waka Kesiswaan.

          Acara selanjutnya adalah presentasi dari seluruh ekskul yang ada di SMA Plus Negeri 17 Palembang. Presentasi dari ekskul Pramuka mengawali kegiatan pada siang hari itu. Diikuti oleh ekskul-ekskul lainnya yang secara 'wah' memperkenalkan ekskulnya. Mereka berusaha menarik minat peserta didik agar nantinya mereka berminat untuk bergabung dengan ekskul mereka, namun tetap tanpa menggunakan unsur intimidasi. Kegiatan berlangsung heboh dan khidmat. Antusiasme tinggi menjadikan seluruh peserta didik secara konstan memperhatikan seluk-beluk dari tiap ekskul yang tampil habis-habisan.

          Total ekskul yang kini berada di SMA Plus Negeri 17 Palembang berjumlah 12 ekskul. Sebelumnya hanya terdapat 11 ekskul, yaitu Parisanda, Pasmala, Perwira, Fokus, Kirana, Jurnalistik, Rohis, KGB, Akustik, Kodrat, dan Charlie Cheers. Namun ada penambahan satu ekskul lagi, yaitu ekskul Pramuka. Hal ini dilakukan oleh sekolah menyikapi banyaknya undangan yang datang berkenaan dengan kegiatan Pramuka. "Ketika banyak yang mengundang sekolah kita untuk mengikuti kegiatan atau perlombaan yang berkaitan dengan Pramuka, kita hanya bisa geleng-geleng kepala. Bagaimana bisa, suatu sekolah diundang untuk mengikuti perlombaan Pramuka, sedangkan peserta yang diikutkan untuk mewakili sekolah adalah yang 'amatiran'," sambung Pak Erhan. Hal ini akan menurunkan kualitas SMA Plus Negeri 17 Palembang di mata orang awam.

          Oleh karena itu, di akhir acara Pak Erhan kembali mengajak para peserta didik yang telah memiliki basic di bidang pramuka untuk bergabung dengan ekskul pramuka. Semoga ekskul ini akan menjadi salah satu andalan SMA Plus Negeri 17 Palembang di masa yang akan datang. Amin. Sekolah berjanji akan mendatangkan tenaga pendidik yang memang berkompeten di bidangnya. Sehingga peluang anggota Pramuka untuk mengharumkan Pramuka SMA Plus Negeri 17 Palembang akan semakin besar.

         Kegiatan ini berakhir pukul 16.00 WIB. Sebelum peserta dibubarkan, ada beberapa hal yang disampaikan oleh Waka Kesiswaan berkaitan dengan susunan pembina OSIS SMA Plus Negeri 17 Palembang yang baru (dimulai untuk tahun ajaran 2010-2011). Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar