Jumat, 16 Juli 2010

If High School Is a Game


Judul                          : If High School Is a Game
Penulis                       : Cherie Carter-Scott
Penerbit                    : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit            : 2004
Jumlah Halaman      : 176 halaman

1.       Seputar Buku dan Penulis
Penulis buku ini, yaitu Dr. Cherie Carter Scott, adalah pengarang terlaris versi New York Times, dari bukunya If Life Is a Game, These Are The Rules. Buku ini merupakan buku terjemahan dari buku aslinya yang berasal dari New York, Inggris. Judul buku ini mulanya adalah “IF HIGH SCHOOL IS A GAME. HERE’S HOW TO BREAK THE RULES. (A Cutting Edge Guide to Becoming Yourself)” dan diterbitkan oleh Linda Michels Limited, International Literaty Agents.
2.       Pembahasan
Buku ini berisi tentang sepuluh aturan bagi remaja agar mereka dapat menikmati masa remaja dengan mulus dan menyenangkan. Buku ini juga mengurutkan sepuluh kenyataan tentang hidup. Kita akan langsung merasakan kebenarannya setelah membaca buku ini. Selain itu disertakan pula contoh-contoh kisah yang berkaitan dengan pembahasan. Hal ini sungguh menarik. Pembaca akan mendapat kemudahan ‘’lebih’’ untuk memahami maksud dari suatu bab.
Warna cover buku ini dominan hijau. Entah dengan alasan apa penerbit memilih warna ini. Yang jelas, menurut saya tampilan cover dari kasat mata masih terlihat kurang menarik. Mengapa saya katakan kurang? Karena warna huruf-huruf pada judul hanya menggunakan warna hitam. Sebaiknya dipilih warna yang setidaknya dapat “mencolok” atau menyita perhatian calon pembaca sejenak. Namun secara garis besar tampilan fisik dari buku ini sudah sangat bagus. Jumlah halamannya juga tidak terlalu tebal dan juga tidak terlalu pendek. Judul yang digunakan juga menarik. Calon pembaca akan langsung tahu apa sih maksud buku ini. Oleh sebab itu, setelah melihat beberapa aspek secara keseluruhan, dapat saya katakan bahwa tampilan luar buku ini sanggup menyita pandangan orang-orang. Great job!
Kemudian dari segi isi, pembahasan yang ditampilkan telah memenuhi selera pembaca. Mengapa? Karena penggunaan jenis huruf tidak membuat mata pembaca pedih ketika berlama-lama membacanya. Selain itu, walaupun tak terlihat warna lain selain warna hitam dalam setiap halaman, gambar atau ilustrasi yang ditampilkan dianggap mampu mewakili warna dan maksud dari penulis. Penggunaan contoh-contoh kasus yang sangat komunikatif sangat membantu pembaca ketika membaca tiap bab. Kita seolah diajak untuk memosisikan diri ke dalam contoh kasus yang ada, dan memikirkan tindakan apa yang akan kita lakukan bila kita berada pada situasi tersebut.
3.       Saran
Buku ini sungguh bagus bagi kalangan remaja yang masih bingung dan canggung dalam menemukan jalan hidupnya. Mereka seolah dipandu oleh instruktur yang berpengalaman dalam “meluruskan” hal-hal yang berkaitan dengan masa remaja. Oleh karena itu, sudah sepantasnya remaja zaman sekarang mengetahui kiat-kiat dan masukan-masukan bagi mereka dalam menghadapi perubahan yang terjadi ketika masa remaja. Semoga buku-buku karangan Cherie selanjutnya dapat selalu memberikan manfaat dan sanggup membantu para remaja menemukan arah yang benar dalam proses hidupnya.

2 komentar:

  1. Banyak kata-kata yang sulit di mengerti gak kak??
    kayaknya seru....

    Ada di perpus sekolah nggak kak??

    BalasHapus
  2. Nggak juga
    :) ini kakak dapet dari perpus lho

    BalasHapus