Kamis, 10 Desember 2009

Promosikan tulisanmu!

          Salah satu yang wajib dilakukan bagi penulis apabila ia telah menghasilkan sebuah tulisan :
 "PROMOSIKANLAH"
          Karena, tidak berarti apabila tulisan yang telah Anda hasilkan hanya di simpan di dalam lemari. Cobalah untuk mempublikasikannya. Langkah yang bisa dilakukan oleh  Anda yang masih malu-malu untuk mempublikasikan karya Anda, antara lain:
1. Mintalah satu atau dua orang untuk membaca tulisan Anda;
2. Dengarkan masukan-masukan dari mereka;
3. Kemudian ambilah secara garis besar kesimpulan yang Anda dengar dari teman Anda tersebut;
4. Apabila mereka merespons positif, tentu akan semakin merangsang Anda untuk terus berkarya;
5. Apabila respons dari mereka negatif, jangan putus asa! Kajilah kembali apa-apa saja yang ada di dalam tulisan Anda. Apabila ada, segeralah perbaiki! Jangan menunda-nunda, karena nanti tulisan Anda akan berubah secara drastis!
          Jika hal itu telah Anda lakukan, mintalah paling banyak 5 orang terdekat Anda untuk membaca karya Anda dan memberikan masukan (karena apabila dibaca oleh terlalu banyak orang, kurang memiliki "taste" lagi) .
          Apabila mereka juga merespons positif, cobalah untuk memberikan tulisan Anda ke penerbit. Pilihlah terlebih dahulu penerbit mana yang cocok dengan tulisan Anda. Apabila cocok, jangan ragu untuk mengirimnya. Percayalah pada diri Anda sendiri!
          Banyak-banyaklah berkomunikasi dengan orang yang berkompeten di bidang ini, karena akan menambah ilmu dan masukan bagi Anda. Jangan lupa untuk tetap membaca. Karena membaca adalah makanan sehari-hari seorang Penulis Yang Handal!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar